Jumat, 20 Oktober 2017

Cara Membuat Blog di Blogspot

Saya berfikir, bahwa mungkin diluar sana banyak yang ingin menjadi seorang blogger dan mereka tidak tahu bagaimana cara membuat blog. Mereka tidak tahu harus darimana memulai dan mereka juga tidak tahu apa yang pertama kali harus dilakukan. Pengalaman, lagi-lagi saya berkata bahwa ini soal pengalaman. Untuk bisa seperti saat ini, pertanyaan – pertanyaan tersebut ada di dalam benak saya. Dulu sekali, sekitar tahun 2009 adalah awal mula saya masuk dunia blogging dan pertama kali mengenal blog dan memutuskan untuk menjadi seorang blogger, saya bertanya, apa itu blog, apa fungsi blog dan bagaimana cara membuat blog. Simple dan mudah pertanyaannya namun sangat sulit untuk dipraktekan. Saat itu saya memilih platform wordpress untuk memulai ngeblog dan sekarang blog pertama saya hilang ditelan samudera.
Disini, dalam tulisan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat blog dari awam sampai faham dan memandu anda dari biasa sampai luar biasa. Saya jamin, anda akan mahir bahkan bisa mengalahkan saya. Sebelum memasuki pokok pembahasan, saya akan menyampaikan beberapa hal yang sangat penting dan anda wajib untuk mengetahuinya. Kenapa? Agar anda berfikir ulang untuk memutuskan menjadi seorang blogger dan sekaligus menggiring anda pada pemahaman fundamental tentang blog. Pemahaman yang bisa merubah mindset anda dan dapat membawa anda pada perubahan perbaikan diri atau setidaknya menjadikan anda seorang yang bermanfaat.

Mengenal Makna dan Hakikat Blog

Tak kenal, tak sayang, tak tahu tak rindu. Mungkin pepatah lama tapi efektif. Orang tua saya pernah berkata, jika anda ingin melakukan sesuatu atau berbuat sesuatu, maka kenalilah makna dan hakikatnya, dan jika sudah mengenalnya maka tidak akan ada keraguan dalam hatimu. Mengetahui kebaikan dan keburukan, mengetahui kelebihan dan kekurangan, mengetahui kelemahan dan kekuatan atau mengetahui keuntungan dan kerugiannya. Pada dasarnya, pendapat saya pribadi makna blog adalah sebagai media melimpahkan, mencurahkan dan meluangkan perasaan lewat tulisan ( tepatnya ketikan ) untuk saya bagi kepada siapa saja yang mau membacanya. Perkembangan blog semakin hari semakin pesat, bukan saja hanya sebagai media berbagi sekarang blog merambah dunia investasi. Blog adalah bisnis yang menjanjikan dan merupakan investasi jangka panjang oleh karena itulah tidak mengherankan kalau bermunculan blogger baru yang mencoba peruntungan dari nge-blog dan berusaha memperoleh keuntungan menjadi seorang blogger. Jadi hakikat blog selain sebagai sarana berbagi juga merupakan sebuah bisnis.

Cara Membuat Blog Menggunakan Blogspot

Dalam panduan membuat blog ini, saya akan menjelaskan secara rinci bagian per bagian atau tahap demi tahap dari mulai mengenalkan platform blogger sampai menerbitkan artikel pertama kali. Jadi, saya harap anda menyimak dengan seksama panduan dalam memulai aktifitas blogging.

Sejarah dan Perkembangan Blogspot

Dikutip dari Wikipedia bahwa platform blog pertama kali diluncurkan oleh ...................................... dst

Tools atau Fitur Penting Blogspot yang Wajib Kamu Tahu

Sebagai pembuka, saya akan mengenalkan beberapa tools yang ada di blogger. Tools ini wajib diketahui masing – masing fungsinya. Karena dalam pedoman ini menggunakan bahasa indonesia, maka pengenalan tools atau fitur blogger juga akan saya gunakan bahasa indonesia.
  1. Postingan ( Post ) : Tools yang pertama adalah post, terletak di paling atas. Tools ini mempunyai tiga bagian yaitu :
    • Published : Merupakan bagian dari blogger yang menunjukan jumlah artikel yang telah dipublikasikan atau diterbitkan
    • Draft : Adalah bagian yang menunjukan jumlah artikel yang belum dipublikasikan
    • Scheduled : Adalah bagian yang menunjukan jumlah artikel yang dijadwalkan akan diterbitkan
  2. Statistik : adalah tools yang memberitahukan jumlah pengunjung blog keseluruhan. Tools ini terdiri dari 4 bagian yaitu :
    • Ikhtisar
    • Postingan
    • Sumber Lalu Lintas
    • Pages
  3. Pages adalah fitur blogger untuk membuat laman statis seperti laman privacy policy about us, disclaimer dan lain-lain
  4. Komentar / Comments adalah fitur blogger yang menampilkan jumlah komentar yang masuk atau komentar yang diterbitkan oleh pemilik blog terhadap blog miliknya
  5. Penghasilan adalah fitur yang disediakan untuk mendaftar AdSense dan tidak semua blog tersedia fitur ini
  6. Kampanye adalah fitur blogger yang khusus untuk mempromosikan blog, fitur ini berbayar
  7. Tata Letak / Lay Out adalah fitur blogger yang berfungsi untuk menentukan letak widget di dalam blogger seperti widget popular post , featured post dan widget lainnya
  8. Template adalah fitur yang disediakan oleh blogger untuk memudahkan memilih theme atau template. Anda bisa memilih template bawaan atau template gratis yang bisa di unduh di beberapa penyedia template
  9. Settings / Pengaturan adalah fitur yang berfungsi untuk mengatur blog anda. Fitur ini terdiri dari beberapa bagian yaitu :
    • Dasar
    • Posting, Komentar dan berbagi
    • Bahasa dan Format
    • Email
    • Prefensi Penelusuran
    • Lainnya
    • Setelan Pengguna
Anda sudah mengenal beberapa fitur blogger dan waktunya anda praktek membuat blog anda sendiri. Ikuti panduan membuat blog yang akan saya uraikan dibawah.

Panduan Membuat Blog Khusus Untuk Pemula

Ada beberapa tahapan yang harus anda perhatikan sebelum anda memutuskan untuk build blog. Tahapan-tahapan yang saya maksud adalah :
  1. Menentukan Maksud dan Tujuan : Tentukan maksud dan tujuan anda, apakah anda build blog untuk sekedar berbagi atau mencari profit
  2. Menentukan Tema Blog : adalah tahapan awal yang harus anda perhatikan. Anda menentukan tema ( dikenal dengan niche ) untuk blog anda. Salah satu niche yang saya rekomendasikan adalah Kesehatan, Teknologi, Pendidikan atau Niche yang sesuai dengan basic anda
  3. Menyiapkan Modal : Dalam dunia blog, modal diperlukan seperti modal belanja quota internet atau juga modal non fisik yaitu skill atau kemampuan anda.
Sumber Tulisan : Panduan Membuat Blog Bagi Pemula

Tidak ada komentar:

Posting Komentar